Air Terjun Ondorante

Air terjun ondorante merupakan air terjun yang agak berbeda dengan kebanyakan air terjun yang ada diwilayah Kabupaten Blitar. Biasanya air dari air terjun itu cenderung dingin dan sejuk, tapi di air terjun ondorante airnya malah terkesan hangat, ini dikarenakan sumbar dari mata air nya berasal dari sumbar pemandian air hangat di Puncak Gunung Kelud. Air di sini juga berwarna lebih kekuningan karena mengandung banyak belerang sehingga aman dari binatang penghisap darah semacam pacet atau lintah. Karena selama perjalanan menyusuri sungai yang merupakan akses satu2nya untuk mencapai air terjun ini tidak diketemukan spesies penghisap darah tersebut.

Perjalanan menuju air terjun ini sangat menantang dan mengasikan, selain itu juga sangat menguras tenaga terutama untuk yang bawa sepeda motor. Kalau mau membawa kendaraan roda 4 juga bisa, tapi disarankan untuk jenis yang 4WD. Perjalanannya jika dimulai dari arah Candi Penataran, Sebelum gapura masuk kawasan wisata penataran kita bergerak kearah utara atau ke arah Blumbang Pacuh. Dari sini kita lurus terus menuju ke arah dam bladak melalui hutan desa.

setelah sampai didesa terakhir, perjalanan mengasikan dimulai. Jalanan berdebu (saat musim panas) membentang lebar sampai area penambangan pasir DAM Bladak. Beberapa kali kita harus melewati sungai kecil untuk menuju ke arah Gunung Kintir (penduduk lokal menyebut begitu). Dari Gunung Kintir kita mengambil arah kiri menyusuri jalanan yang juga mirip dengan anak sungai. Jalan ini langsung lurus menuju dam bladak paling ujung, dan disinilah tampat parkir kendaran yang paling nyaman. Karena untuk perjalanan selanjutnya hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki sampai ke air terjun karena kita harus menyusuri sungai.

Selama perjalanan menyusuri sungai, kita ditantang untuk memiliki fisik ekstra, karena harus melewati sungai yang berarus deras. Kemudian melewati tebing2 sungai yang curam. Tapi selama perjalanan kita juga disuguhi pemandangan alam yang indah dan menawan diantara tebing-tebing yang menjulang dan berwarna hijau segar walau dimusim kemarau. Sampai di kawasan air terjun kita akan disuguhi oleh pemandangan indah khas air terjun yang tingginya lebih dari 30 meter itu. Tidak rugi rasanya lelah dan keringat bercucuran setelah kita sampai di air terjun ini.

Chek point pertama, sekaligus tempat parkir sepeda montor yang paling nyaman.

jalur termudah menuju air terjun ondo rante adalah dengan menyusuri sisi sungai sampai ke air terjun.

jalur termudah menuju air terjun ondo rante adalah dengan menyusuri sisi sungai sampai ke air terjun, Team Ekspedisi Ondorante.

Air Terjun Ondo Rante Air Terjun OndoRante [/caption]

Air terjun ondorante Air terjun Ondorante. [/caption]

Team Ekspedisi: D’Traveller, Gusjeng dan teman-teman pecinta traveling.

Penulis: SuperadminGJ

~ oleh gusjengkabupatenblitar pada November 1, 2013.

3 Tanggapan to “Air Terjun Ondorante”