Pantai Pasir Putih Sumbersih [Peh Pulo]

Ekspedisi ke pantai Sumbersih [Pantai Peh Pulo]

Disela-sela kegiatan karantina gusjeng 2012, tim kecil dibentuk untuk melakukan obervasi ke pantai sumbersih [ pantai peh pulo ] yang berjarak sekitar 40 km dari Kota Blitar. Rapat kecil dan persiapan dilakukan pada sore hari setelah pelaksanaan karantina yang agendanya di sekitar kawasan candi penataran. Akhirnya dari rapat kecil team gusjeng yang sepakat untuk berangkat ke pantai peh pulo berjumlah 10 orang, 5 cewek dan 5 cowok dan disepakati berkumpul dan berangkat dari disporbudpar pukul 07.00wib.

Team Ekspedisi Gusjeng di Pantai Sumbersih [PehPulo] pada Juni 25, 2012.
team [ki-ka]: Puriska, Nadia, Dhea, Mawar, Uci, Wahyu rizki, Arnet sund dan Puthut.

Senin pagi sebelum keberangkatan banyak dari beberapa yang terpaksa mengundurkan diri, di karenakan ada beberapa yang harus menyiapkan diri untuk mengerjakan tugas karantina dan ekspedisi ke tempat lain. Setelah dihubungi akhirnya sepakat dan berkumpul yang berangkat adalah Arnet, Wahyu Rizki Bokir, Dhea, Mawar, Puriska, Nadia dan saya. Bahkan Uci yang pada waktu malam sebelum berangkat sempat pingsan akhirnya memutuskan untuk ikut juga.

Start dari dinas pukul 07.30wib team meluncur ke Kademangan menuju rumah saya. Setelah menyiapkan dan menambah beberapa bekal team melanjutkan perjalanan menuju rumah jeng Rizki Warda di lodoya untuk menitipkan montor karena ada satu juga yang sendiri. Setelah menikmati kue dari rumah jeng rizki dan cukup untuk mengganjal perut team bertemu di chek point pertama di lampu merah lodaya untuk bertemu dengan jeng Nadia dan langsung meluncur menuju desa sumbersih dimana lokasi pantai yang kita tuju berada. Jalur yang kita tempuh adalah jalur utama, yaitu jalur menuju desa Panggungrejo. dimana untuk menuju ke pantai sumbersih kita harus mengambil jalan lurus dari pertigaan beringin desa panggung rejo, karena kalau kita mengambil kearah kanan akan menuju ke pantai serang.

Selepas dari pertigaan Panggunrejo kita akan disuguhi olah pemandangan yang benar2 memukau. Alam pegunungan selatan yang terkenal terjal dan tandus ternyata masih mampu menyuguhkan pemandangan yang benar2 mempesona. Udara dingin dan sejuk masih terasa menyergap pernafasan dan kulit walau waktu udah menujukan pukul 08.30wib. Sayangnya kondisi jalan yang kurang bagus ditambah medan pegunungan selatan yang konturnya naik turun menambah kita untuk lebih waspada mengendarai kendaraan. Apalagi setelah kita memasuki desa sumbersih, jalan menuju pantai sejauh tidak kurang dari 4km yang masih terbuat dari semen yang dikeraskan menjadi satu2nya infrastruktur menuju ke pantai. perjalanan menjadi lebih sulit dan harus betul ekstra wasapada. Sempat terpikir juga oleh saya dan Nadia yang kebetulan berboncengan dengan saya membicarakan apakah nanti jika sampai dipantai akan sebanding dengan perjalanan yang lumayan sulit ini.

Begitu bau air laut mulai tercium, dan gemuruh ombak pantai mulai terdengar terhamparlah pemandangan yang benar2 indah didepan kami. Gugusan bukit kecil diseberang jelan begitu indah mempesona, apalagi begitu kami mencapai bibir pantai. Hanya decak kagum yang kami bisa lakukan. Benar-benar membuat mata yang memandang ini langsung terpaku takjub. Pulau2 kecil diseberang pantai yang berjumlah sekitar 4 buah terlihat begitu memukau. Sayangnya masih belum ada akses menuju ke pulau-pulau kecil itu, atau mungkin dibiarkan saja seperti itu agar tidak terkotori oleh tangan-tangan jahil.

Dan akhirnya kita benar-benar tergoda untuk melakukan eksplorasi di pantai ini. Inilah hasil eksplorasi dari team kami secara visaul mengenai pantai sumbersih [ pantai peh pulo ].

Sisi timur dari pantai peh pulo,yang berupa karang terjal dan gugusan pulau kecil

Pantai Peh Pulo

Sisi sebelah barat pantai peh pulo.

Penulis: Phu
Foto: phu

~ oleh gusjengkabupatenblitar pada Juni 25, 2012.

3 Tanggapan to “Pantai Pasir Putih Sumbersih [Peh Pulo]”

  1. Thxs..for everyting Lek..

  2. Woow pantai peh pulo yg exsotic…. kereen!! jgn smpai smpah mengotori yaa!!

  3. whh smai terharux aku mliht pantai pasir putih smai ingin nangis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: